Argumen Capres Anies Ingin Bangun 40 Kota: Mengantisipasi Jakartanisasi

Argumen Capres Anies Ingin Bangun 40 Kota: Mengantisipasi Jakartanisasi. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan menjelaskan program mengupgrade 40 kota di Indonesia adalah mengantisipasi pada urbanisasi yang hendak terjadi. Menurut Anies, sekarang ini 57 % warga di Indonesia ada di perkotaan dan diprediksikan pada 2050 akan 70 % warga ada di perkotaan.

“Urbanisasi iniĀ  terjadi di seluruh penjuru dunia. Jika kita tidak selekasnya lakukan up-grade beberapa kota di semua Indonesia, karena itu yang terjadi ialah beberapa kota itu akan alami masalah sama seperti yang Jakarta alami,” kata Anies Baswedan pada aktivitas Paksa Anies di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 26 Desember 2023.

Permasalahan di Jakarta yang diartikan Anies ialah permasalahan pengendalian air, sampah, transportasi, tempat untuk rumah. Menurut Anies, permasalahan itu muncul karena tidak ada gagasan jika bakal ada beberapa orang yang tiba ke perkotaan.

Menurutnya, orang bersama-sama ke Jakarta karena di teritori itu ekonominya demikian besar. Karena kita mengetahui trend urbanisasi ini akan terjadi, karena itu 40-an kota di Indonesia ini di-update,” kata Anies.

Penyempurnaan itu, kata Anies, ialah mempersiapkan angkutan umum, air bersih, pengendalian sampah, dan sanitasi. “Agar beberapa kota ini siap menjadi rumah untuk banyak demikian orang di dasawarsa-dekade di depan,” katanya.

Meskipun begitu, sisa Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan memang peristiwa urbanisasi memang tidak jadi masalah. “Yang permasalahan sejauh ini itu Jakartanisasi,” kata Anies.

Argumen Capres Anies Ingin Bangun 40 Kota: Mengantisipasi Jakartanisasi

Argumen Capres Anies Ingin Bangun 40 Kota: Mengantisipasi Jakartanisasi

Menurutnya, orang bersama-sama ke Jakarta karena di teritori itu ekonominya demikian besar. Dengan meng-upgrade 40 kota itu, kata Anies, karena itu pendorong ekonomi tidak cuma di Jakarta. “Tetapi di 40 kota di Indonesia menggerakkan ekonomi kita,” katanya.

Saat beberapa kota itu dibuat, kata Anies, karena itu investasi banyak yang datang dan aktivitas usaha akan jalan. Menurutnya, ini lebih bagus daripada membuat Ibu Kota Negara, tapi dengan bujet yang sama dengan.

“Kami percaya, dengan bujet sama dengan sama yang dipakai satu titik yang bernama Nusantara, bila itu digunakan untuk membuat 40 kota kita dapat mengganti 40 kota ini. Jangan memikirkan menghajar tempat untuk membuat satu kota,” kata Anies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *