Berita Kampus Mahasiswa IPB Lenyap Saat Lakukan Riset di Pulau Sempu

Berita Kampus Mahasiswa IPB Lenyap Saat Lakukan Riset di Pulau Sempu. Seseorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) namanya Menggalang Edhi Swasono, (20), disampaikan lenyap di teritori Pulau Sempu, Desa Sendangbiru, Dusun Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Tubuh Pengendalian Musibah Wilayah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan, menjelaskan Menggalang Edhi lenyap di Block Telaga Lele Pulau Sempu semenjak Rabu, 27 Desember 2023 lebih kurang jam 11.30 WIB.

“Kejadian itu disampaikan pada Kamis, 28 Desember 2023 jika seorang mahasiswa IPB lenyap di daerah Kepulauan Sempu, pada Block Telaga Lele,” kata Sadono pada Kamis, 28 Desember 2023.

Sadono menerangkan, berdasar laporan yang digabungkan Pusat Pengaturan Operasi Pengendalian Musibah (Pusdalops) BPBD Kabupaten Malang, Menggalang Edhi adalah mahasiswa jalur Pelestarian Sumber Daya Rimba dan Ekowisata IPB.

Menurut dia, Menggalang Edhi bersama beberapa partnernya, sedang lakukan riset di Block Telaga Lele, teritori Pulau Sempu. Menggalang Edhi tinggalkan kelompok pada Rabu, 27 Desember 2023 lebih kurang jam 09.00 WIB.

Dia menambah, Menggalang Edhi sudah seharusnya bersama lagi kelompok yang lakukan riset di Block Telaga Lele teritori Pulau Sempu itu pada jam 11.00 WIB. Tetapi, sampai jam 11.30 WIB, Menggalang Edhi tidak kembali lagi ke kelompok. Tetapi, sampai pada jam 23.00 WIB, tidak ada pertanda dari yang berkaitan,” ucapnya.

Selanjutnya, sambungnya. Faksi kelompok dari IPB itu memberikan laporan peristiwa itu ke Unit Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Kepolisian Resort (Polres) Malang. Dan Pos Angkatan Laut untuk lakukan proses penelusuran, pada 28 Desember 2023.

Berita Kampus Mahasiswa IPB Lenyap Saat Lakukan Riset di Pulau Sempu

Berita Kampus Mahasiswa IPB Lenyap Saat Lakukan Riset di Pulau Sempu

Menggalang Edhi adalah mahasiswa lelaki semester lima di IPB yang disebut masyarakat Dusun Gunung Langit. Kecamatan Kallibening, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa tengah.

Pulau Sempu berada di daerah Malang selatan, Jawa Timur dan adalah teritori suaka alam dengan status cagar alam. Penentuan Pulau Sempu sebagai teritori pelestarian alam diputuskan pada 1928.

Secara administratif Cagar Alam Pulau Sempu berada di Desa Sendangbiru, Dusun Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau Sempu diputuskan sebagai cagar alam karena mempunyai kekhasan alam dan kekayaan hayati.

Keberagaman tipe tumbuhan di Pulau Sempu termasuk tinggi. Berdasar data Balai Besar Pelestarian Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur tahun 2009. Ada 314 tipe tumbuhan di pulau yang bersebelahan secara langsung dengan Samudera Hindia itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *