Capres Terbaru : Ini Argumen Ganjar Janjikan Stimulan Guru Ngaji Rp 4 Triliun

Capres Terbaru : Ini Argumen Ganjar Janjikan Stimulan Guru Ngaji Rp 4 Triliun

Capres Terbaru : Ini Argumen Ganjar Janjikan Stimulan Guru Ngaji Rp 4 Triliun. Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo janji akan membudgetkan Rp 4 triliun untuk stimulan guru agama dan guru ngaji bila dipilih di Pemilihan presiden 2024. Apa argumennya?

“Mengusung derajat kesejahteraan guru ngaji itu wajib, karena posisi vital mereka sebagai pengajar watak anak supaya berahlak dan berakhlak yang mulia,” tutur Juru Berbicara Team Pemenangan Nasional atau TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md., Yusuf Lakaseng, ke Tempo melalui pesan WhatsApp pada Senin, 1 Januari 2023.

Tetapi, dia tidak menjawab dengan jelas seberapa banyak guru ngaji yang hendak memperoleh stimulan itu. Menurut Yusuf, database guru ngaji harus ditingkatkan lebih dahulu supaya tepat dan pas target.

Selanjutnya, Yusuf optimis program pemberian stimulan ke guru ngaji dapat digerakkan. Walau demikian, dia menjelaskan Ganjar-Mahfud tidak lalu abai dengan kesejahteraan guru yang lain. Yusuf mengeklaim, paslon nomor tiga ini memiliki komitmen menaikan upah guru sekolah dimulai dari 10 sampai 30 %, bergantung kekuatan bujet.

Sementara guru honorer akan diselesaikan supaya mereka dipilih jadi ASN (aparat sipil negara) atau PPPK (karyawan pemerintahan dengan kesepakatan kerja,” papar Yusuf.

Dikabarkan sebelumnya, Ganjar Pranowo janji akan memberi stimulan untuk beberapa guru agama atau guru ngaji. Ia mengeklaim akan menyisihkan Rp 4 triliun dari Bujet Penghasilan dan Berbelanja Negara (APBN) untuk mengongkosi program itu.

Capres Terbaru : Ini Argumen Ganjar Janjikan Stimulan Guru Ngaji Rp 4 Triliun

Capres Terbaru : Ini Argumen Ganjar Janjikan Stimulan Guru Ngaji Rp 4 Triliun

Kami telah me-launching saat Pak Mahfud di Sabang itu, untuk guru agama dan guru ngaji dapat stimulan. Jika tempo hari istilahnya guru ngaji dapat upah,” kata Ganjar waktu mendatangi acara Masayekh di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan. Purworejo, Jawa tengah pada Ahad, 31 Desember 2023.

Menurut Ganjar, hitung-hitungan itu berdasar pola yang dulu pernah dia aplikasikan saat memegang Gubernur Jawa tengah sepanjang dua masa. Ganjar mengeklaim, dianya sebelumnya pernah membagikan bujet sejumlah Rp 277 miliar untuk memberi stimulan ke 230 ribu guru agama di Jawa tengah pada 2023. Stimulan itu diberi untuk pendidik agama apapun itu, baik Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, dan Budha.

Pilpres akan di ikuti oleh tiga pasangan calon presiden-wakil presiden. Pasangan calon nomor urut 1 ialah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Dan pasangan nomor urut 3 ialah Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *