Survey LSI masalah Kepopuleran Partai politik di Jawa timur: PDIP Juara, PKB Ke-2

Survey LSI masalah Kepopuleran Partai politik di Jawa timur: PDIP Juara, PKB Ke-2

Survey LSI masalah Kepopuleran Partai politik di Jawa timur: PDIP Juara, PKB Ke-2 . Instansi Survey Indonesia (LSI) mengatakan, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Kebangunan Bangsa (PKB), dan Partai Gerindra jadi tiga parpol (partai politik) dengan kepopuleran tertinggi pada Pemilu 2024 di Jawa Timur.

Partai Golkar dan Partai Demokrat susul pada posisi ke-3 dan ke-4, masing-masing dengan kepopuleran 7,2 % dan 4,6 %, sedangkan partai politik yang lain ada di bawah 4 %.

“Maka kelihatan sekali di tempat ini ada supremasi tiga partai, yakni PDIP, PKB, dan Gerindra,” kata Djayadi.

Walau demikian, masih tetap ada 16,4 % informan yang mengatakan tidak paham atau mungkin tidak menjawab.

Selanjutnya, dalam survey replikasi surat suara, tempatnya tetap sama. PDIP masih tetap pada posisi paling atas pada tingkat support capai 23,3 %, PKB pada posisi ke-2 (20,7 %) diikuti Gerindra (16,6 %).

“Sama, nomor empat dan lima ialah Golkar di ikuti oleh Demokrat. Partai-partai yang lain di bawah 4 %. Tetapi di sini ada banyak yang masih belum tentukan atau mungkin tidak menjawab, yakni 12,3 %,” katanya.

Jika dibanding hasil Pemilu legislatif 2019, ikat Djayadi, data menarik memperlihatkan jika PDIP, PKB, dan Gerindra condong alami kenaikan suara. Dan partai politik yang lain condong turun.

Survey LSI masalah Kepopuleran Partai politik di Jawa timur: PDIP Juara, PKB Ke-2

Survey LSI masalah Kepopuleran Partai politik di Jawa timur: PDIP Juara, PKB Ke-2

Menurut saya, memikat buat menerangkan kenapa cuma tiga partai ini yang condong bertambah pencapaian suaranya. Salah satunya jawaban atau aspek terpentingnya ialah apa yang kita mengenal dengan dampak ekor jas,” katanya.

Ke-3 partai politik itu mempunyai capres atau cawapres. Menurut LSI, hal tersebut tidak dipungkuri punya pengaruh ke kepopulerannya di Jawa Timur.

“PDIP, PKB, Gerindra, ketiganya punyai calon. PDIP punyai capres. PKB punyai cawapres. Gerindra punyai capres. Dan kita saksikan ada tanda-tanda kenaikan tingkat support di Jawa Timur untuk ke-3 partai ini,” katanya.

Survey LSI dilaksanakan pada 16-28 Desember 2023. Populasi survey ialah semua WNI di Jawa Timur yang punyai hak pilihan dan keseluruhan contoh keseluruhannya ialah 8.800 informan.

Pada informan dipilih, dilaksanakan interviu bertemu muka oleh pewawancara yang sudah dilatih. Toleran kekeliruan atau margin of error di range 1,1 % dengan tingkat keyakinan 95 %, dengan anggapan stratified acak sample.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *