Berita Global : Sepanjang Apa Eskalasi Perselisihan Dunia Diulas dalam Diskusi Pemilihan presiden? Ini Pandangan Pemerhati

Berita Global : Sepanjang Apa Eskalasi Perselisihan Dunia Diulas dalam Diskusi Pemilihan presiden? Ini Pandangan Pemerhati. Perang yang berjalan di Ukraina dan Palestina, benar-benar berpengaruh jelek pada keamanan dan kestabilan ekonomi global.

Perang di Ukraina memengaruhi rantai suplai global yang mengakibatkan naiknya harga komoditas global.

Ada juga rumor genosida Israel yang jadi berlanjut di Gaza tingkatkan kemelut di Timur tengah.

Lalu seberapa jauh ini akan diulas dalam diskusi pemilihan presiden di antara paslon 01 Anies Baswedan, paslon 02 Prabowo Subianto dan paslon 03 Ganjar Pranowo malam hari ini?

D ikutip dari situs Di antara News, Minggu (7/1/2023) menurut riset pertahanan Muhammad Tegar Bijakfaiz Nasution yang sekarang ini sedang memburu gelar pascasarjana di Study Vital Kampus Nasional Australia (ANU), eskalasi perselisihan apa pun itu di teritori akan memunculkan rintangan secara langsung dan tidak segera pada keamanan dan kesejahteraan Indonesia.

Dalam negeri, lingkungan geostrategis Indonesia makin dikuasai oleh kompetisi yang intensif di antara Tiongkok dan Amerika Serikat, termasuk berkenaan titik perselisihan regional khusus di Taiwan dan Laut Cina Selatan.

Dengan pertimbangkan dinamika keamanan regional dan global itu, pasangan capres dan wapres Indonesia sudah menjelaskan grand desain pembangunan pertahanan Indonesia.

Tegar Nasution menyimak, grand desain itu berisi sejumlah ide menarik seperti blue water navy dan taktik pertahanan berbasiskan anti-access/tempat denial (A2/AD).

Karena itu, Anies, Prabowo, dan Ganjar perlu merinci bagaimana perancangan besar pertahanan mereka akan berkaitan untuk menangani kekuatan rintangan geostrategis yang hendak ditemui Indonesia secara regional dan global di diskusi pemilihan presiden malam hari ini.

Diskusi ke-3 pemilu 2024 akan mencakup beberapa tema peraturan luar negeri, termasuk geopolitik dan pertahanan. Ada banyak faktor yang membuat topik peraturan luar negeriini benar-benar signifikan untuk politik Indonesia.

Berita Global : Sepanjang Apa Eskalasi Perselisihan Dunia Diulas dalam Diskusi Pemilihan presiden? Ini Pandangan Pemerhati

Berita Global : Sepanjang Apa Eskalasi Perselisihan Dunia Diulas dalam Diskusi Pemilihan presiden? Ini Pandangan Pemerhati

Pertama, Indonesia sebagai negara besar di Asia Tenggara mempunyai Konstitusi yang memberikan tugas untuk berperanan aktif dalam perdamaian dunia. Hingga rumor peraturan luar negeri mempunyai posisi penting untuk Indonesia secara konstitusional.

Ke-2 , Indonesia adalah artis regional yang krusial di Asia Tenggara, Asia Pasifik, atau Indo Pasifik, baik itu secara geografis dan ekonomi. Indonesia adalah salah satunya negara pendiri ASEAN.

Ke-3 , Indonesia adalah salah satunya negara “emerging middle power” di tengah-tengah politik dunia yang makin multipolar. Ingat keadaan itu, presiden Indonesia harus dapat pintar saat memerhatikan rumor. Dan membuat desain peraturan luar negeri supaya Indonesia tidak rugi di ajang internasional.

Yang tidak kalah penting ialah kekuatan perekonomian Indonesia. Investasi dan perdagangan internasional harus mempunyai ketentuan yang terang supaya tidak memberikan keuntungan sedikit faksi. Tapi bikin rugi lingkungan, usaha kecil, sampai karyawan dalam negeri.

Dan berikut gabungan 5 rumor geopolitik yang wajib diulas dalam diskusi pemilihan presiden ke-3 pada Minggu, 7 Januari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *