5 Fakta Taman Trocadero, tempat Api Olimpiade Paris dinyalakan

5 Fakta Taman Trocadero, tempat Api Olimpiade Paris dinyalakan

5 Fakta Taman Trocadero, tempat Api Olimpiade Paris dinyalakan Taman Trocadero telah menjadi perhatian dunia. Taman yang berada di seberang Menara Eiffel ini merupakan pusat Olimpiade Paris 2024.
Di sanalah kaldron api Olimpiade dinyalakan Jumat (27/7/2024) malam waktu setempat atau Sabtu (27/7) dini hari WIB. Itu menandai Olimpiade Paris resmi dimulai. Ajang multievent olahraga tersebut digelar hingga 11 Agustus mendatang.

Upacara pembukaan disaksikan 320.000 penonton di tepi Sungai Seine. Para atlet melakukan defile di atas 80 perahu dan menyusuri sungai sejauh 6 km dari Port d’Austerlitz ke jembatan d’Iéna. Mereka kemudian berkumpul di Taman Trocadero, yang telah diubah menjadi stadion mini sementara.

5 Fakta Taman Trocadero, tempat Api Olimpiade Paris dinyalakan

Di hari biasa, Trocadero Park menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Paris, Prancis. Dari sini, para turis biasanya berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel.

Trocadero merupakan taman terbuka yang terletak di antara Menara Eiffel dan tepi Sungai Seine.

Berikut adalah tujuh fakta tentang Taman Trocadero:

1. Asal Usul Nama

Menurut eutouring.com, Taman Trocadero dibangun pada tahun 1937, bersamaan dengan Palais de Chaillot.

Namanya merujuk pada Pertempuran Trocadero yang terjadi di Cadiz pada tahun 1828 di bawah komando Napoleon I. Nama ini melambangkan kemenangan tentara Prancis atas pasukan Spanyol.

2. Alun-alun Hak Asasi Manusia

Pada tahun 1985, namanya diubah menjadi “Parvis des Droits de l’Homme” (Alun-alun Hak Asasi Manusia) karena di sinilah Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia pada tahun 1948.

3. Area Bekas Auditorium

Awalnya, sebuah auditorium besar berkapasitas 4.600 kursi dipasang di antara dua sayap Palais de Chaillot. Namun, kebakaran pada tahun 1930-an menghancurkan seluruh bangunan dan sebuah taman terbuka dibangun sebagai gantinya.

4. Ukuran taman

Taman Trocadero merupakan taman di Paris yang memiliki luas hampir 10 hektar dan terbentang di depan Palais de Chaillot. Taman ini memanjang hingga ke Sungai Seine yang berada tepat di seberang Menara Eiffel.

5. Air Mancur Warsawa

Taman Trocadero memiliki air mancur Warsawa. Faktanya, ini adalah yang terbesar di Paris dan merupakan serangkaian kolam yang berbeda. Air mancur ini memiliki 20 meriam air, 56 semprotan air, dan 12 air mancur vertikal. Air mancur ini biasanya dinyalakan pada malam hari.

6. Banyak Patung

Ada banyak patung di sini, termasuk Palais de Chaillot, patung batu yang serasi L’Homme karya Pierre Traverse, dan La Femme karya Daniel Bacqué, dua patung air mancur perunggu berlapis emas Banteng dan Rusa karya Paul Jouve serta Kuda dan Anjing karya Georges Guyot.

Kemudian, sekelompok Apollo perunggu tinggi dengan kecapi (Apollon musagete) dan Hercules perunggu dengan banteng dua batu La Joie de vivre.

7. Menjadi tempat olahraga

Area ini akan menjadi bagian dari lokasi Olimpiade 2024. Awal dan akhir acara jalan cepat dan bersepeda akan berlangsung di Trocadero.

Selain itu, tempat ini dilengkapi dengan layar besar untuk menonton kompetisi triathlon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *