Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Final Piala AFF U-19 2024 Gol tunggal Jens Raven pada menit ke-18 tak mampu dibalas Thailand U-19. Pada partai final ini, Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri kalah dalam hal penguasaan bola.

Thailand U-19 menguasai 65 persen bola. Peluang yang tercipta juga lebih banyak.

Mereka bisa membuat pertahanan yang solid. Sehingga Thailand U-19 seperti kehabisan akal untuk mengoyak gawang Indonesia U-19 yang dijaga Ikram Al Giffari.

Pada pertandingan ini, permainan Indonesia U-19 sempat terganggu dengan cederanya dua gelandang yang mengalami cedera.

Timnas Indonesia Kalahkan Thailand di Final Piala AFF U-19 2024

Kafiatur Rizky hanya bermain selama 35 menit. Sedangkan Welber Jardim tidak bisa melanjutkan pertandingan pada awal babak kedua. Kondisi ini membuat Thailand U-19 lebih dominan di lini tengah.

Untungnya, semangat juang pasukan Indonesia U-19 tetap terjaga hingga laga usai. Sehingga mereka berhasil mempertahankan keunggulan satu gol. Berikut rapor Indonesia U-19.

Penjaga Gawang dan Pemain Belakang

Ikram Al Giffari: 7,5

Selain itu, kiper ini juga beberapa kali memotong umpan silang pemain Thailand U-19.

Alfharezzi Buffon: 7,5

Meski bermain dengan kondisi pelipis yang cedera, bek Borneo FC ini tetap bermain dengan spartan. Ia tak segan berduel untuk menghentikan serangan lawan. Pada babak kedua, Buffon bermain sebagai bek kanan. Ia masih mampu berlari hingga akhir pertandingan.

Kadek Arel: 8

Pemain belakang ini tidak hanya membuat pertahanan Indonesia U-19 sulit ditembus. Ia juga memberikan assist untuk gol tunggal Indonesia. Kadek menyambut sepak pojok Kafiatur dengan sundulan. Setelah itu, Jens Raven meneruskan bola ke dalam gawang.

Iqbal Gwijangge: 7,5

Pada pertandingan ini, ia jarang sekali naik membantu serangan. Sebab, Iqbal fokus mengawal para striker Thailand U-19. Berhasil mematikan striker lawan meski harus mengantongi kartu kuning pada menit ke-84.

Gelandang

Mufli Hidayat: 7,5

Ia membuat sayap kanan Timnas Indonesia U-19 menjadi hidup. Kerap membantu serangan, namun tetap disiplin dalam bertahan saat lawan menguasai bola. Pada menit ke-71, ia kehabisan tenaga dan mengalami cedera. Sehingga ia harus diganti.

Kafiatur Rizky: 7

Ia hanya bermain di 35 menit pertama. Pelatih Indra Sjafri terpaksa menariknya karena cedera. Meski hanya sebentar berada di lapangan, kontribusinya cukup besar. Gol pertama Indonesia tercipta dari tendangan sudut Kafiatur.

Welber Jardim: 7

Pemain kedua yang meninggalkan lapangan lebih awal karena cedera. Welber bertahan hingga menit ke-52. Penampilan Welber cukup baik. Mobilitas dan semangat juangnya terlihat dalam pertandingan ini.

Dony Tri Pamungkas: 7.5

Kapten timnas Indonesia U-19 ini hanya sesekali membantu serangan. Dony lebih sering berada di area sendiri untuk menutup pergerakan sayap Thailand U-19.

Penyerang

Arlyansyah Abdulmanan: 7,5

Aksinya tidak seliar beberapa pertandingan sebelumnya.

Jens Raven: 8

Pencetak gol tunggal Indonesia U-19. Pada menit ke-18, Raven berada di tempat yang tepat untuk menyambut umpan sepak pojok Kafiatur Rizky. Perawakannya yang tinggi besar membuatnya sering memenangkan duel dengan pemain belakang lawan.

Rizki Afrisal: 7,5

Pada babak pertama, beberapa kali aksinya mampu membongkar pertahanan lawan. Meski tak berbuah gol, Afrisal mampu menciptakan beberapa peluang untuk Indonesia melalui serangan balik.

Pemain Pengganti

Toni Firmansyah: 7,5

Pemain pengganti yang menampilkan performa spartan dalam pertandingan ini. Toni sangat kuat saat membawa bola. Sayangnya, ia terkadang terlambat dalam mengalirkan bola ke depan.

Figo Dennis: 7

Ia masih belum bisa membuat lini tengah Indonesia U-19 menguasai jalannya pertandingan. Namun, Figo tampak berjuang keras di lapangan untuk mengejar bola dari kaki lawan.

Arkhan Kaka: 6,5

Bisa dibilang ia tidak berhasil menggantikan peran Jens Raven. Karena ia beberapa kali kehilangan bola. Arkhan Kaka juga sering terburu-buru dalam membawa bola ke depan.

Mufdi Iskandar: 6,5

Ia ditugaskan untuk fokus membantu pertahanan. Sehingga akselerasinya tidak banyak terlihat di pertandingan ini.

Jalan Menuju Juara untuk Indonesia U-19

Fase Grup

Tim Nasional Indonesia 6-0 Filipina (Arlyansyah Abdulmanan 12′, 50′, Iqbal Gwijangge 21′, 43′, Kadek Arel 29′, Jens Raven 87′)
Pemain Kamboja 0-2 Indonesia
Indonesia 6-2 Timor Leste
Kadek Arel 51′, Arkhan Kaka 53′, Kafiatur Risky 56′; Ricardo Bianco 23′, Alexandro Bahkito 86′)
Semifinal

Indonesia 1-0 Malaysia (Alfharezzi Buffon 78′)
Final

Thailand 0-1 Indonesia (Jens Raven 17′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *