7 Destinasi Wisata di Kabupaten Wonogiri

7 Destinasi Wisata di Wonogiri Tempat Kelahiran Gregoria Mariska

7 Destinasi Wisata di Wonogiri Tempat Kelahiran Gregoria Mariska Mulai dari Waduk Gajah Mungkur hingga Air Terjun Girimanik dan Soko Langit.

Tak hanya hamparan pegunungan yang ditawarkan Kabupaten Wonogiri, namun juga memiliki pantai-pantai yang indah. Untuk itu, jika Anda berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Wonogiri, berikut ini rekomendasi wisata yang patut dicoba.

7 Destinasi Wisata di Wonogiri Tempat Kelahiran Gregoria Mariska

Berikut tujuh objek wisata di Kabupaten Wonogiri:

1. Waduk Gajah Mungkur

Waduk yang beroperasi sebagai pembangkit listrik ini juga menjadi tempat rekreasi favorit masyarakat sekitar. Berlokasi di Desa Sendang, ada beberapa aktivitas yang bisa dicoba, seperti berkeliling waduk dengan perahu atau memancing.

Untuk dapat menjajal Waduk Gajah Mungkur, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10.000.

2. Gua Putri Kencono

Gua Putri Kencono ditemukan pada tahun 1991. Kini, gua tersebut dijadikan sebagai objek wisata.

Gua Putri Kencono terletak di Kecamatan Pracimantoro dan memiliki panjang 121 meter dan lebar sekitar empat meter.

Di dalam gua, konon terdapat tujuh ruangan yang digunakan oleh putri Kerajaan Majapahit, Putri Kencana Wungu, saat melakukan perjalanan ke berbagai daerah. Fungsi dari beberapa ruangan tersebut adalah sebagai ruang tamu, ruang budaya hingga ruang keluarga.

Pengunjung yang ingin masuk ke dalam gua ini dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang.

3. Soko Langit

Berada di lereng Pegunungan Sewu di Kecamatan Bulukerto, terdapat sebuah destinasi wisata bernama Soko Langit. Destinasi ini menjadi tempat hits di kawasan tersebut karena memiliki kolam renang dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Harga tiket masuk untuk masuk ke destinasi ini adalah Rp10.000. Jika ingin berenang di kolam renang ini, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

4. Pantai Sembukan

Keindahan pasir putih dan tebing-tebing yang mengelilinginya menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung untuk datang ke Pantai Sembukan. lokasinya berada di Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito. Jarak tempuh dari pusat kota Wonogiri sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pantai Sembukan juga sering digunakan oleh masyarakat untuk mengadakan kegiatan ritual, dari cerita yang berkembang pantai ini juga disebut sebagai petilasan para raja.

Untuk biaya masuk pantai, pengunjung harus membayar sekitar Rp5.000.

5. Pantai Klotok

Terletak di Dusun Kranding, Kecamatan Paranggupito, Pantai Klotok menawarkan pemandangan laut biru yang indah dengan perbukitan di sisi kiri dan kanannya. Cocok bagi pengunjung yang suka berfoto dengan pemandangan alam.

Harga tiket masuknya juga masih tergolong murah yaitu hanya Rp 5.000 saja. Dari pusat kota pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke sini, jarak yang harus pengunjung tempuh akan terbayar lunas ketika sampai di Pantai Klotok dengan keindahan alamnya.

6. Air Terjun Girimanik

Kawasan ini cocok sebagai tempat menenangkan diri dengan suasana yang tenang ditambah dengan gemericik air terjun.

Selain tentu saja memiliki air terjun, Air Terjun Girimanik juga memiliki pesona yang indah ditambah dengan pepohonan pinus dan pegunungan di sekelilingnya. Harga tiket masuk ke kawasan ini juga hanya Rp 5.000 saja.

7. Puncak Joglo

Di Puncak Joglo, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian, daya tarik utama di tempat ini adalah area yang tepat untuk menikmati sunset dan sunrise.

Pengunjung bisa merasakan pengalaman lain dalam menikmati indahnya alam Wonogiri, untuk bisa mencoba paralayang, pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp400.000 dan biaya masuk ke kawasan Puncak Joglo hanya Rp5.000 per orang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Kabupaten Wonogiri, masih banyak lagi destinasi hits dan keren yang bisa pengunjung coba jika berwisata ke Kabupaten Wonogiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *