7 Cara Mengemas yang Efisien Untuk Hemat Dikoper Anda

7 Cara Mengemas yang Efisien Untuk Hemat Dikoper Anda

7 Cara Mengemas yang Efisien Untuk Hemat Dikoper Anda Sebelum pergi berlibur, banyak orang yang sudah mengemas pakaian mereka ke dalam koper. Sayangnya, beberapa orang merasa kesulitan saat mengemas pakaian sehingga tidak muat dan akibatnya koper menjadi lebih berat.

Padahal, koper yang berat bisa saja dikenakan charge atau biaya tambahan jika Anda terbang menggunakan pesawat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengemas pakaian secara efisien.

Lantas, bagaimana cara mengemas pakaian secara efisien agar muat banyak pakaian di dalam koper? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

7 Cara Mengemas yang Efisien Untuk Hemat Dikoper Anda

Cara Mengemas Pakaian yang Efisien Agar Muat Banyak Pakaian di Dalam Koper
Mengemas pakaian adalah kewajiban sebelum Anda berangkat untuk berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke suatu kota. Agar koper Anda dapat memuat banyak pakaian, simak beberapa tips mengemas pakaian di bawah ini:

1. Menggulung Pakaian

Cara mengemas pakaian yang pertama adalah dengan menggulungnya. Anda bisa menggulung baju dan celana ke dalam bentuk botol. Selain menyusutkan ukuran, cara ini juga membuat pakaian tidak mudah kusut.

Dilansir dari situs My Luggage, disarankan untuk memilih pakaian yang travel-friendly. Selain nyaman dipakai, pakaian tersebut juga mudah dimasukkan ke dalam koper dengan cara digulung.

Bahan seperti rayon, katun, dan linen dianggap lebih nyaman dan ringan, tetapi mudah kusut, jadi Anda mungkin perlu membawa setrika portabel atau steamer. Sebaiknya pilihlah pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut, seperti poliester, campuran katun-poliester, denim, atau pakaian rajut.

2. Menggunakan Kantong Vakum

Cara ini juga diklaim efisien dalam mengemas pakaian ke dalam koper. Vacuum bag atau kantong kedap udara dapat menyisakan banyak ruang di dalam koper, sehingga memudahkan para pelancong dalam menata barang bawaan.

Hal ini karena pakaian Anda dibuat menyusut tanpa udara, sehingga mudah diatur di dalam koper. Cara ini juga mencegah pakaian Anda kotor terkena cairan atau debu, karena terlindungi oleh lapisan plastik di bagian luarnya.

3. Gunakan Prinsip Paramida

Tips selanjutnya dalam mengemas pakaian ke dalam koper adalah dengan menggunakan prinsip piramida. Jadi, pakaian yang berukuran besar, tebal, atau berat diletakkan di bagian bawah. Semakin disusun ke atas, maka pakaian tersebut semakin tipis, ringan, atau kecil.

4. Pilih Jumlah Pakaian yang Akan Dibawa

Banyak orang yang akhirnya membawa sebagian besar pakaian dari lemari. Alasannya, agar bisa tampil keren dan berfoto OOTD saat pergi berlibur. Namun, cara ini juga membuat koper menjadi berat karena membawa banyak pakaian.

Untuk itu, ada baiknya Anda memilih beberapa pakaian yang akan Anda bawa saat pergi ke luar kota. Jika Anda berencana berlibur ke pantai, pertimbangkan untuk membawa jaket atau sweater tebal karena pasti akan terasa panas jika Anda memakainya.

5. Bawalah Kosmetik dalam Ukuran Mini

Bagi para wanita, tentu wajib hukumnya untuk membawa perlengkapan kosmetik saat pergi berlibur. Daripada harus membawa alat kosmetik yang berukuran besar, sebaiknya bawa yang berukuran travel size atau ukuran mini.

Hal ini juga berlaku jika detikers membawa peralatan mandi, seperti sabun, sampo, pasta gigi, sikat gigi, dan pencuci muka. Untuk menghemat tempat di dalam koper, sebaiknya bawa dalam ukuran botol yang kecil.

6. Siapkan Tas Belanja

Tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh sepulang dari liburan. Namun, membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak juga membuat isi koper semakin penuh, bahkan sampai sulit untuk ditutup.

Jika Anda berniat membawa oleh-oleh, sebaiknya Anda membawa tas belanja berukuran besar untuk menampung semua barang belanjaan. Anda juga bisa membawa satu koper kecil lagi untuk membawa semua oleh-oleh. Jadi, baik pakaian maupun oleh-oleh untuk sanak saudara tetap aman dan tidak rusak saat Anda sampai di rumah.

7. Kenakan Pakaian Terberat Saat Pergi

Jika negara tujuan sedang mengalami musim dingin atau salju, sebaiknya Anda sudah mengenakan pakaian hangat saat berangkat. Pakaian ini biasanya cenderung berat, seperti jaket, sweater, mantel wol, celana jeans, dan sepatu boots.

Cara ini dapat mengurangi isi di dalam koper sehingga lebih ringan dan masih ada ruang kosong. Selain itu, Anda tidak perlu repot-repot membuka koper lagi hanya untuk mengenakan pakaian hangat saat tiba di negara tujuan.

Itulah tujuh cara packing yang efisien agar pakaian muat banyak di dalam koper. Semoga artikel ini bisa membantu para traveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *